Strategi Formasi Sepakbola

Banyak kejadian dimana penyerang lawan terperangkap offside pada saat menerima umpan dari rekannya. Namun tidak sedikit pula perangkap offside yang gagal karena kurangnya koordinasi antar pemain belakang.

Gelandang bertahan ikut sedikit melebar untuk memberikan cover bagi gelandang kiri, sehingga gelandang kanan harus masuk ke lini tengah untuk menjaga kedalaman bidang pertahanan. Apabila lawan memulai serangan dari sisi sebaliknya, skema yang sama juga diaplikasikan di sisi sebaliknya. Pembahasan yang pertama ialah pola penyerangan dalam permainan sepak bola. Pola penyerangan sepak bola merupakan strategi yang disusun untuk menyerang daerah lawan dan memasukkan bola kegawang lawan agar tercipta sebuah poin/angka. Pola penyerangan ini memiliki tujuan agar terjadi sebuah goal dalam jumlah yang banyak sehingga permainan sepak bola dapat dimenangkan.

Jika hal ini terjadi, maka sangat besar kemungkinan tim lawan akan mencetak gol, karena pemain tersebut hanya tinggal berhadapan dengan penjaga gawang. Full Back yang rajin membantu serangan – Dua full back dalam formasi “diamond” adalah kunci bagaimana tim dapat membangun serangan. Jika menilik kembali bagaimana formasi “diamond” terlihat gelandang kanan dan gelandang kiri serta dua striker berposisi relatif ke dalam. Praktis hanya kedua full back yang menjadi pemain sayap dalam formasi ini.

Sehingga dalam formasi “diamond” posisi gelandang bertahan menjadi sangat penting. Gelandang bertahan bertugas mencegah lawan langsung berhadapan dengan center back. Pendidikan Jasmani, Olahraga, Dan Kesehatan 39 1) Buatlah kelompok masing-masing 10 orang, kemudian tentukan kelompok bertahan dan penyerang masing-masing 5 orang, 2) Buatlah lapangan dengan ukuran 9 x 9 meter dengan 3 base. 3) Kelompok penyerang berusaha untuk merancang terlebih dahulu taktik dan strategi penyerangan dengan baik. 4) Lakukan permainan dengan aturan, jika terjadi 3 kali mati pada kelompok penyerang, maka kelompok bertahan berganti menjadi kelompok penyerang.

5) Kelompok yang berhasil mendapatkan nilai terbanyak adalah pemenangnya 6) Lakukan permainan itu dengan sungguh-sungguh sambil menerapkan nilai sportivitas, kerjasama, toleransi, dan disiplin. Permainan Softball 5 Lawan 5 Perhatikanlah bahwa kelompok yang dapat memenangkan permainan merupakan kelompok yang merancang taktik dan strategi penyerangan yang baik. Semakin banyak suatu tim mendapatkan nilai, maka semakin baik taktik penyerangan yang dilakukan. Artinya, seorang gelandang harus siap memberikan cover, membantu pertahanan dan penyerangan.

Selain penjagaan wilayah, seorang pemain bertahan juga dapat diminta untuk menjaga satu orang pemain lawan yang dianggap berbahaya (biasanya penyerang). Hal ini akan menghambat pergerakan pemain tersebut, sehingga tidak leluasa untuk menciptakan peluang. Selain itu ada lagi sistim pertahanan dalam sepak bola yang cukup efektif, namun perlu koordinasi yang baik. Perangkap offside ini memerlukan koordinasi yang baik antar pemain bertahan supaya dapat berfungsi dengan baik.

Dalam sistem “diamond”, Full back diharuskan aktif maju ke depan mengisi kekosongan posisi sayap dan memfasilitasi lebar lapangan. Tidak berhenti disitu, tak jarang full back bahkan harus membantu serangan hingga sejajar dengan striker. Full back harus naik hingga ke lini depan agar striker tidak perlu repot untuk membuka ruang ke sisi sayap. Saat bek sayap tidak naik, tentu striker harus melebar untuk memfasilitasi lebar lapangan. Striker dengan kemampuannya untuk mencetak gol, tentu akan sangat merugikan jika harus bermain di luar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *